14/12/2010 23:47

Peranan Prelat (Pemimpin Prelatur Opus Dei)

 

Prelat mengarahkan misi Opus Dei dalam menyebarluaskan panggilan universal menuju kesucian dan mendorong upaya-upaya kerasulan yang dilakukan para anggota Prelatur ini.

 

Opus Dei

Didalam Opus Dei, yang sejak awal memiliki atmosfer seperti sebuah keluarga, Pimpinan (Prelat) hanya disebut Bapa (Romo). Prelat memiliki tanggung jawab memimpin Opus Dei, sebagai Pimpinan dan Gembala Prelatur. Tugasnya memastikan bahwa ajaran dan arahan Tatah Suci dijalankan dengan taat dan aturan serta tatacara Prelatur  dipatuhi.

 

Prelat menjalankan karya pastoralnya dengan cara memberikan nasehat dan dorongan, serta melalui norma-norma dan aturan pelaksanaan. Kewenangannya terbatas pada misi kerasulan yang jadi ciri khas Prelatur ini. Para anggota awam Opus Dei bergantung pada Prelat dalam hal apapun yang menyangkut misi Prelatur, yakni dalam hal komitmen spiritual, formasi dan kerasulan yang mereka pikul dengan rela. Seperti halnya kaum awam lainnya di keuskupan masing-masing,  merekapun berada dibawah kewenangan Bapa Uskup setempat dalam segala hal yang berkenaan dengan u

Uskup tersebut. Para imam Prelatur  sepenuhnya berada dibawah Prelat.

 

Untuk memilih Prelat Opus Dei, General Konggres Untuk Pemilihan  diadakan. Pengangkatannya disahkan oleh Bapa Suci. Jabatan Prelat adalah seumur hidup. Prelat saat ini, Uskup Echevarria, lahir di Madrid tahun 1932. Ia menggantikan Uskup Alvaro del Portillo pada tahun 1994, yang menjabat sebagai Prelat Opus Dei setelah wafatnya St. Josemaria Escriva di tahun 1975.

 

—————

Back


Assumption Of The Virgin

Karya Francesco Granacci, 1517



Pusat Opus Dei Surabaya
Jln. W.R. Supratman 65
Surabaya 60263
Tlp.(62-31)5614937

Pembimbing rohani
Romo F.X. Zen Taufik
Romo Ramon Nadres